Anggraini, Dini Puji (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 STABAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136175004 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 8136175004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
4. NIM 8136175004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM 8136175004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 8136175004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 8136175004 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8136175004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM 8136175004 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13. NIM 8136175004 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 8136175004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional; (2) keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah; dan (3) interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquiry dan tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X IA 5 dan X 1A 6, dimana kelas X 1A 5 diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry dan kelas X 1A 6 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kemampuan berpikir kreatif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran Scientific Inquiry dan kemampuan berpikir kreatif dalam meningkatakan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 500.071 2 Ang e |
Keywords: | Model pembelajaran scientific inquiry; Kemampuan berpikir kreatif; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 03:16 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1729 |