Maulida, Rizki (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA BERBASIS INVESTIGASI PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176033 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8136176033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. NIM. 8136176033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4. NIM. 8136176033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 8136176033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 8136176033 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 8136176033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8136176033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8136176033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM. 8136176033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 8136176033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan respon, aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pengembangan bahan ajar SMA berbasis investigasi pada materi fluida dinamis berbasis investigasi.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Sampel penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas XI IPA2 MAN 1 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengumulkan data ada tiga yaitu dengan menggunakan lembar validasi bahan ajar berupa angket dan kemudian di validkan oleh tim ahli. Respon siswa terhadap bahan ajar dinilai dengan menggunakan instrumen berupa angket yang dibagikan pada setiap pertemuan. Mengukur aktivitas siswa menggunakan angket yang dinilai oleh teman sejawat peneliti dalam mengukur aktivitas siswa pada setiap pertemuan serta untuk melihat hasil belajar siswa digunakan penilaian evaluasi berupa 10 pertanyaan dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan pada setiap akhir pertemuan.
Hasil penelitian diperoleh: Bahan ajar fisika SMA berbasis investigasi yang dikembangkan dapat meningkatakan respon, aktivitas dan hasil belajar siswa pada pertemuan I, II, III yaitu: respon rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 76,42. pada pertemuan kedua sebesar 79,77 dan pada pertemuan ketiga 87,36. Aktivitas rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 67,01. pada pertemuan kedua sebesar 71,00 dan pada pertemuan ketiga 79,00. Hasil belajar rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 40,36. pada pertemuan kedua sebesar 60,71 dan pada pertemuan ketiga 81,07.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Mau p |
Keywords: | Sumber belajar; Bahan ajar; Modul; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 03:11 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1728 |