Pardosi, Gentina (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KOMPETENSI DASAR HUBUNGAN INTERNASIONAL KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 309111033 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
NIM 309111033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
NIM 309111033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
NIM 309111033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
NIM 309111033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
NIM 309111033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
NIM 309111033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
NIM 309111033 BAB I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
NIM 309111033 BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar pada kompetensi dasar hubungan internasional pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sumbul dengan menggunakan model pembelajaran debate.Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun Pelajaran 2012/2013 Populasi adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 160 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebanyak 38 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Sebelum menerapkan model pembelajaran debat, pada siklus I peneliti menerangkan materi dengan model yang biasa diterima dari guru mata pelajaran PKn serta mengadakan pre test. Kemudian, ada siklus II peneliti menerangkan materi dengan menggunakan model pembelajaran debate dan diakhiri dengan pemberian post test dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar.Hasil penelitian pada tes awal diperoleh rata-rata skor siswa sebesar 58,15 dimana 13 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan 25 orang siwa belum tuntas dalam belajar, pada saat test awal kemampuan siswa diperoleh ketuntasan persentase belajar secara klasikal adalah 33,34%, dan persentase siswa yang belum tuntas dalam belajar secara klasikal adalah 66,67%. Pada siklus I rata-rata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Par p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pemilihan; Debate; Minat; Pendidikan kewarganegaraan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17261 |