Manihuruk, Tuany Sri Julianty (2016) ONLINE SHOP SEBAGAI TREND BERBELANJA MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMED (UNIVERSITAS NEGERI MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3123122063 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM 3123122063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. NIM 3123122063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 3123122063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 3123122063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 3123122063 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 3123122063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 3123122063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
12. NIM 3123122063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM 3123122063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana fenomena yang terjadi saat ini dalam berbelanja online shop, mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi dalam berbelanja online shop, hingga menyebabkan suatu Trend dalam berbelanja online shop di Lingkungan Kampus khususnya mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode penelitian teknik Snowball (sampel bola salju) yaitu pengambilan sampel dengan mengetahui satu atau dua orang yang berdasarkan penilaian peneliti bisa dijadikan sampel, juga melihat dari cara gaya hidupnya yang modern yaitu melalui dari produk-produk yang di pakai tersebut bermerek. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gaya hidup (life style). Informan dalam penelitian ini adalah 16 (enam belas) orang yang memiliki gaya hidup yang suka berbelanja Online Shop. Informan dalam penelitian ini tersebar di sekitar kampus Unimed khususnya di tempat lokasi yaitu di Fakultas Ilmu Sosial dengan 4 (empat) jurusan yakni Geografi, Sejarah, Antropologi, dan Pkn serta dari setiap satu jurusan terdapat 4 informan penulis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumetasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Penggunaan internet semakin populer diberbagai kalangan masyarakat terutama para generasi muda tak terkecuali mahasiswa. Mahasiswa adalah bagian masyarakat yang dekat dengan persoalan akses informasi dan dunia internet, online shop merupakan bentuk perubahan yang di sajikan oleh internet dari segi inovasi dalam berbelanja. Pada setiap kesempatan online shop menjadi perbincangan yang hangat oleh sebagian kalangan mahasiswa, dengan demikian bagaimana dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Online shop memberikan berbagai kemudahan dan kepraktisan dalam memenuhi kebutuhan. Kesimpulannya bahwa Online shop sudah banyak menggantikan model belanja konvensional menjadi online shop. Online shop memberikan berbagai kemudahan sehingga dari 16 subjek penelitian terbukti telah menggunakan online shop untuk memenuhi kebutuhan. Mahasiswa perempuan dalam menggunakan jasa online shop telah menjadikan trend dalam berbelanja dan lebih menekankan untuk memenuhi kebutuhan untuk membeli barang-barang seperti : pakaian, tas, sepatu dan kebutuhan pribadi. Penggunaan online shop bukan hanya memberikan kemudahan namun ada pula dampak timbulnya masalah dalam penggunaanya yaitu adanya kekecewaan mahasiswa dalam menggunakan jasa online shop karena barang yang diinginkan terkadang tidak sesuai dengan dikehendaki atau diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ANTRO 028 |
Keywords: | Online Shop; Trend; Berbelanja; Mahasiswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 08:23 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17163 |