Sibarani, Sariayu (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN PHYSICAL MANIPULATIF DI SMP NEGERI 6 SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
NIM.8146171080 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
NIM. 81461710 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
NIM. 8146171080 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM. 8146171080 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
NIM. 8146171080 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
NIM. 8146171080 TABLES. pdf.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
NIM. 8146171080 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
NIM. 8146171080 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
NIM. 8146171080 CHAPTER V. pdf.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
NIM. 8146171080 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan komunikasi matematik siswa melalui pendekatan realistik berbantuan physical manipulatif lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Apakah peningkatan Self-Efficacy siswa SMP melalui pendekatan realistik berbantuan physical manipulatif lebih tinggi daripada Self-Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Bagaimanakah interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik, (4) Bagaimanakah interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap peningkatan terhadap peningkatan Self-Efficacy siswa, (5) Bagaimanakah proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Sibolga. Secara acak, dipilih dua kelas dari lima kelas berjumlah 68 orang siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan realistik berbantuan physical manipulatif dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) test kemampuan komunikasi matematik, (2) angket Self-Efficacy. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi isi. Analisis data dilakukan dengan uji t dan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP melalui pendekatan realistik berbantuan physical manipulatif lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan pembelajaran biasa. (2) Peningkatan Self-Efficacy siswa SMP melalui pendekatan realistik berbantuan physical manipulatif lebih tinggi daripada peningkatan Self-Efficacy siswa dengan pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan Self-Efficacy siswa. (4) Proses penyelesaian jawaban siswa menggunakan pendekatan realistik berbantuan physical manipulatif lebih baik daripada pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sib p |
Keywords: | Pendekatan realistik; Physical manipulatif; Kemampuan komunikasi matematik; Self-efficacy siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 07:53 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17155 |