Ariaji, Rizky (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XII SEMESTER GANJIL TERINTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku ajar kimia SMA/MA kelas XII semester ganjil terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa. Populasi penelitian ini adalah (1) semua guru kimia yang ada di Kabupaten Labuhan Batu,
Kabupaten Labuhan Batu Selatan, dan Kota Padangsidimpuan yang dikategorikan guru ahli dan dosen kimia Universitas Negeri Medan yang ada di kota Medan. (2) seluruh siswa kelas XII semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 di SMA
Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan. Seluruh sampel dipilih dengan cara purposive sampling. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah (1) guru kimia dengan kriteria memiliki pendidikan formal S1 dan berpengalaman
mengajar di sekolah, dosen kimia di Universitas Negeri Medan dengan kriteria memiliki pendidikan formal S2 minimal 5 tahun, sedang aktif mengajar dan menguasai materi Kimia Dasar yang relevan dengan materi kimia SMA. (2) kelas XII IPA-1 yang diberi perlakuan pengajaran menggunakan buku ajar kimia SMA/MA kelas XII semester ganjil terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa
berdasarkan kurikulum 2013 untuk menghitungnya menggunakan One Sample TTest. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis uji kelayakan buku ajar kimia yang ada berdasarkan standar BSNP adalah sebesar 3,68 dilihat dari kriteria tersebut Valid dan tidak perlu revisi (2) berdasarkan pendapat guru dan dosen terhadap uji kelayakan buku ajar kimia yang dihasilkan dalam penelitian ini memenuhi standar yang dipersyaratkan oleh BSNP yaitu sebesar 4,41 artinya sangat valid dan tidak perlu direvisi. (3) berdasarkan pendapat guru dan dosen terhadap uji kelayakan buku
ajar yang terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa dalam penelitian ini memenuhi
standar dari penilaian rubrik karakter sebesar 4,45 yang dikategorikan sangat baik.
(4) berdasarkan pendapat siswa terhadap uji kelayakan buku ajar yang
terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa dalam penelitian ini memenuhi standar
dari penilaian rubrik karakter adalah sebesar 4,51 yang dikategorikan sangat baik.
(5) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan buku ajar kimia yang
dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebesar 0,71 atau 71% yang dikategorikan
tinggi. (6) Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh nilai sign<0,05
(0,000<0,05) penggunaan buku ajar kimia SMA/MA kelas XII semester ganjil
terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa lebih tinggi dari nilai KKM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Ari p |
Keywords: | Buku ajar; Terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 04:03 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17135 |