Azhar, Raqjabul (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI BERBASIS KPS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8146142028 JUDUL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2 NIM. 8146142028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3 NIM. 8146142028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4 NIM. 8146142028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5 NIM. 8146142028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6 NIM. 8146142028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7 NIM. 8146142028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8 NIM. 8146142028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9 NIM. 8146142028 BAB I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
13 NIM. 8146142028 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14 NIM. 8146142028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan penuntun praktikum dibidang kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter, (2) mengetahui pengaruh penggunaan penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa, (3) mengetahui hubungan nilai karakter terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA 1 Langsa, SMA 2 Langsa dan SMA 3 Langsa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, sample dalam penelitian ini terdiri dari 10 guru kimia di SMA dan 1 dosen kimia UNIMED sebagai validator ahli, dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan penuntun praktikum kima SMA yang ada disekolah, kelas eksperimen II yang diajarkan dengan penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter. Instrument penelitian berupa tes objectif hasil belajar berdasarkan uji validitas tes, realibilitas tes, taraf kesukaran dan daya beda dan lembar observasi karakter siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan independent T-test dan regresion linear menggunakan progam SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter telah layak valid dan tidak perlu direvisi (2) terdapat pengaruh penggunaan penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter terhadap peningkatan hasil belajar (3) terdapat hubungan yang signifikan antar nilai karakter dengan peningkatan hasil belajar menggunakan penuntun praktikum kimia SMA kelas XI berbasis KPS pada materi hidrolisis garam terintegrasi pendidikan karakter
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Azh p |
Keywords: | Penuntun praktikum; KPS; Kimia; Pendidikan karakter; Hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 03:33 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17133 |