Purba, Denni (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN SGD PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI IPS SMA N 3 TEBING TINGGI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
3123331010.COVER.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3123331010.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3123331010.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3123331010.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3123331010.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3123331010.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3123331010.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3123331010.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3123331010.BAB I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3123331010.BAB VI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3123331010.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PBL dan SGD pada materi lingkungan hidup di kelas XI IPS SMA N 3 Tebing Tinggi T.A 2015/2016
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 3 Tebing Tinggi dengan jumlah populasi 135 orang yang terdiri dari 4 kelas dengan kelas eksperimen (XI IPS 1) 34 orang dan kelas kontrol (XI IPS 2) 34 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik komunikasi tidak langsung (dalam bentuk tes dan laporan). Tehnik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t > t pada α = 0,05
Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata 84,11 dengan standar deviasi 5, 569 dan siswa menggunakan model pembelajaran Small Group Discusion diperoleh nilai rata-rata 75,58 dengan standar deviasi 6,368. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Pada hasil belajar diperoleh t = 2,511 sedangkan t1-1/2α = 1,999 dengan t > t1-1/2α sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Small Group Discusion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 062 |
Keywords: | Model Pembelajaran; PBL dan SGD; Lingkungan Hidup |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 02:25 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17126 |