Turnip, Reski Cetrin P. (2016) ANALISIS LATAR BELAKANG PEMILIHAN JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI PADA MAHASISWA NIM 2015 DAN UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJARNYA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
3123331042 Cover.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3123331042 Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
3123331042 Abstrak.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
3123331042 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3123331042 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3123331042 Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3123331042 Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3123331042 Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3123331042 Bab I.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
3123331042 Bab VI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3123331042 Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3123331042 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Latar belakang pemilihan
Jurusan Pendidikan Geografi pada mahasiswa NIM 2015 (2) Kesulitan Belajar yang
dialami mahasiswa NIM 2015 dalam mempelajari Geografi. (3) Upaya yang
dilakukan mahasiswa NIM 2015 dalam mengatasi kesulitan belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNIMED,
Jalan William Iskandar, Pasar V Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan,
Kabupaten Deli Serdang. Populasi yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian
(Total Sampling) adalah seluruh mahasiswa NIM 2015 Jurusan Pendidikan Geografi
FIS Unimed yang berjumlah 135 orang yang aktif kuliah tahun 2016. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu deskriptif kualitatif, dengan mentabulasikan data yang didapat dalam bentuk
tabel.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Mahasiswa NIM 2015 Jurusan
Pendidikan Geografi, FIS, Unimed baik yang diterima dari jalur SNMPTN,
SBMPTN, dan UMB-PT dilatarbelakangi oleh faktor internal yaitu minat (80%) dan
motivasi yang ada dari dalam diri mahasiswa tersebut yang dipengaruhi oleh guru
geografi ketika di SMA dan gejala alam yang terjadi dilingkungan sekitar dan dilihat
dari media massa. (2) Mahasiswa mengalami kesulitan belajar pada semua
matakuliah. Dari 21 matakuliah yang sudah diambil dan yang sedang dijalani
mahasiswa NIM 2015, yang paling banyak mengalami kesulitan belajar yaitu pada 3
matakuliah berikut ini: Ilmu Ukur Tanah (77,04%), Matematika Dasar (75,56%), dan
Hidrologi (52,59%). (3) Upaya yang dilakukan mahasiswa NIM 2015 dalam
mengatasi kesulitan belajar yaitu: bertanya dan mendiskusikannya dengan dosen,
berdiskusi dengan teman dan mencari/menambah sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 061 |
Keywords: | Kesulitan Belajar; Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 01:38 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17117 |