Ginting, Eka Lianta (2013) PENERAPAN TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GITAR KLASIK SISWA DI FLOW MUSIK MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
071222510105 Cover Skripsi.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
071222510105 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071222510105 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071222510105 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
071222510105 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
071222510105 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071222510105 Bab I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
071222510105 BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
071222510105 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar gitar klasik siswa di Flow Musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan teknik petikan Apoyando dan Tirando dapat meningkatkan hasil belajar gitar klasik siswa di Flow Musik Medan.Landasan teori pada penelitian ini mencakup dalam berbagai teori tentang alat musik gitar klasik, bagian-bagian gitar klasik, teknik petikan apoyando dan tirando, hasil belajar dan Flow Musik Medan. Berdasarkan teori yang telah ada, akan disajikan konsep dasar yang sesuai dengan permasalahan penelitian khususnya penerapan teknik petikan dalam gitar klasik.Penelitian ini mengambil lokasi di Jalan Taman Kirana No. 14 Medan. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah dengan teknik petikan dalam belajar gitar klasik siswa di Flow Musik. Subjek pada penelitian ini adalah 10 siswa Flow Musik yang mengambil jurusan Gitar Klasik dan satu orang guru praktek Gitar Klasik. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, metode observasi, wawancara, tes praktek dan dokumentasi.Hasil penelitian pada tes awal (pre test)menunjukkan hasil 3 siswa yang tuntas (30%) dan 7 siswa yang belum tuntas dalam belajar (70%) dengan nilai rata-rata 55. Siklus I diperoleh siswa yang tuntas adalah 5 orang siswa atau 50% dengan nilai rata-rata 67 dan 5 siswa yang belum tuntas (50%). Pada siklus II siswa yang tuntas adalah 9 orang siswa atau 90% dan 1 siswa yang belum tuntas (10%) dengan nilai rata-rata 82. Hal ini menunjukkan bahwa Teknik petikan dapat meningkatkan hasil belajar gitar klasik siswa di Flow Musik Medan.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Teknik Petikan dapat meningkatkan hasil belajar gitar klasik siswa di Flow Musik Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 787.870 71 Gin p |
Keywords: | Teknik; Petikan; Belajar; Gitar Klasik; Flow Musik |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16985 |