Sormin, Ayunda Sabrina (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PUBLIC RELATION MAHASISWA IAIN PADANG SIDEMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
8126121008 Judul.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
8126121008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8126121008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8126121008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
8126121008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8126121008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8126121008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8126121008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8126121008 Bab I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
8126121008 Bab V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8126121008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar public relations mahasiswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori., (2) hasil belajar public relations mahasiswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar public relations mahasiswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar public relations.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa IAIN Padang Sidempuan semester ganjil tahun ajaran 2014 /2015 terhadap hasil belajar public relations mahasiswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan komunikasi interpersonal, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing-masing terdiri dari 37 untuk eksperimen dan 37 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F,Uji Barlett pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar public relations mahasiswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada hasil belajar public relations yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan Fh = 7,38, Ft = 3,98 dengan dk (1,70) didapat Fh (7,38) > Ft (3,98), Hipotesis telah teruji kebenarannya sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, (2) Hasil belajar public relations yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi daripada komunikasi interpersonal rendah.pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh = 53,01, Ft = 3,98 didapat Fh (53,01) > Ft (3,98), maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (3) besarnya rata-rata hasil belajar public relations untuk setiap kelompok pembelajaran A1B1 = 45,34, A1B2 = 35,38, A2B1 = 39,84 dan A2B2 = 37,39. Hasil perhitungan Anava faktorial 2 x 2 Fh = 19,48, Ft =3,98 pada taraf kepercayaan α = 0,05 dengan sehingga dapat dinyatakan Fh (19,48) > Ft (3,98), maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian semakin baik strategi pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan hasil belajar public relations, maka semakin tinggi hasil belajar public relations mahasiswa, atau semakin tinggi komunikasi interpersonal dengan strategi pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar public relations mahasiswa. Akan tetapi pengaruh strategi pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar public relations mahasiswa dibandingkan dengan komunikasi interpersonal mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.14 Sor p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Mind mapping; Public relations |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 08:51 |
Last Modified: | 13 Apr 2016 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1697 |