Fauzi, Irwan (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SUB JARINGAN KOMPUTER SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN KAB. DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8116122007 Cover.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 8116122007 Persetujuan Dewan Penguji.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
4. NIM 8116122007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 8116122007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM 8116122007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 8116122007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 8116122007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
9. NIM 8116122007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
10. NIM 8116122007 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
14. NIM 8116122007 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
15. NIM 8116122007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar TIK siswa yang diajarkan dengan media animasi 3D lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan media animasi 2D. (2) Siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi memperoleh hasil belajar TIK yang lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah. (3) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar TIK. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah199 orang yang terdiridari 6 kelas yakni Kelas IX-1 berjumlah 34 orang, IX-2 berjumlah 34 orang, IX-3 berjumlah 32 orang, IX-4 berjumlah 34 orang, IX-5berjumlah 33 orang dan IX-6 berjumlah 32 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas IX-1, IX-2yang berjumlah 68 orang dan kelas IX-3, IX-6 yang berjumlah 64 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar dan angketmotivasi berprestasi siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan media animasi 3D lebih tinggi daripada hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan media animasi 2D (Fhitung= 3,57> Ftabel = 3,16), (2) hasil belajar TIK siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar TIK yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, (F hitung; = 3,26.> F tabel =3,16), dan 3) terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar TIK siswa (Fhitung= 3,77> Ftabel = 3,16). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media animasi 3D lebih baik diajarkan kepada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan media animasi 2D baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah dan terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi berprestasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Fau p |
Keywords: | Hasil belajar; Jaringan komputer; Pembelajaran motivasi berprestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 08:36 |
Last Modified: | 13 Apr 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1696 |