Ichsan, Muchlis (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAS AR-RAUDHATUL HASANAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM. 81188230165 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2.NIM. 81188230165 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3.NIM. 81188230165 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4.NIM. 81188230165 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5.NIM. 81188230165 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6.NIM. 81188230165 TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7.NIM. 81188230165 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8.NIM. 81188230165 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9.NIM. 81188230165 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13.NIM. 81188230165 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14.NIM. 81188230165 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diberikan dengan strategi pembelajaran problem posing (pengajuan soal) lebih tinggi dibandingkan dengan yang diberikan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan yang memiliki tipe kepribadian introvert ?. (3) Untuk mengetahui interaksi penggunaan strategi pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I MAS. Ar-Raudhatul Hasanah Medan dari 6 kelas pada T.A 2013 - 2014 yang berjumlah 208 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa untuk strategi pembelajaran problem posing dan 34 siswa untuk strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban terdiri dari 40 butir soal. Untuk menentukan tipe kepribadian siswa dilakukan oleh team psikologi LAVANDA ke dalam 2 tipe, ekstrovert dan introvert. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian factorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05, dimana terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan Liliefors dan uji homogenitas varians dengan uji F. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki tipe ektrovert dan diajar dengan strategi pembelajaran problem posing lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan Fhitung = 5,48 > Ftabel = 3,98. (2) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kepribadian introvert dengan fhitung = 9,76 > ftabel = 3,98. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa dengan fhitung = 5,270 > ftabel = 3,98. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan untuk siswa yang memiliki tipe kepribadian extrovert dan introvert adalah strategi pembelajaran problem posing. Implikasi dari penelitian ini secara khusus menunjukkan penerapan strategi pembelajaran problem posing lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Ich p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Hakikat belajar; Hasil belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 02:41 |
Last Modified: | 13 Apr 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1694 |