Suarni, Herita (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 068474 MEDAN LABUHAN. Masters thesis, UNIMED.
1.Sampul Tesis.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 068474 Medan Labuhan. Jl. Tangguk Damai Blok III Griya Martubung Medan Labuhan kota Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah partisipan berjumlah 36 orang siswa, dan dalam penelitian ini dibantu oleh dua orang guru sebagai observer dan peneliti sebagai pelaku tindakan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus pertama dan siklus kedua. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahapan kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan melalui : 1) tes awal untuk mengetahui apakah materi prasyarat sudah dipahami siswa, 2) tes unit dilakukan setiap akhir siklus, 3) tes akhir untuk mengetahui sejauh mana materi pelajaran telah dipahami siswa, 3) observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang aktivitas siswa dan guru, 4) wawancara dilakukan untuk mengetahui respon dan tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar siswa pada akhir siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas 69.61, skor rata-rata kelas pada siklus II adalah 74.64, dan skor rata-rata kelas pada tes akhir sebesar 76.72, dan ketuntasan klasikal 88.89 % , 2) rata-rata aktivitas siswa pada akhir siklus II adalah 83 % ( kategori baik), dan rata-rata aktivitas guru pada akhir siklus II sebesar 88 % (kategori baik), 3) respon siswa selama mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus I dan siklus II menunjukkan hasil yang sangat baik, hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh melalui pengamatan, maupun dari hasil wawancara yang dilakukan. Sebagai implikasi dari hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatiftipe TAI pada pelajaran matematika dengan materi pecahan, dapat disarankan kepada guru untuk menerapkannya, karena dapat meningkatkan motivasi, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan kerjasama yang baik diantara siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sua p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Tipe TAI; Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 02:33 |
Last Modified: | 13 Apr 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1693 |