Siahaan, Gomgom Uli Basa (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN HARIAN. Masters thesis, UNIMED.
Cover.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
Abstrak.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
BAB V Simpulan Implikasi dan Saran.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar PAK siswa yang diajar dengan model pembelajaran bermain peran dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran telaah yurisprudensi; (2) perbedaan hasil belajar PAK siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert; (3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar PAK. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Kecamatan Harian mulai Agustus sampai Okober 2014. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Kecamatan Harian. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 57 orang yang terdiri dari 30 orang di SMP Negeri 2 Harian diajar dengan model pembelajaran bermain peran dan 27 SMP Negeri 1 Harian orang kelas VII diajar dengan model pembelajaran telaah yurisprudensi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah pilihan berganda yang terdiri dari 40 item, dan lembar observasi yang terdiri dari 14 item. Tes tipe kepribadian dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan tipe kepribadian introvert. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar PAK siswa yang diajar dengan model pembelajaran bermain peran lebih baik dari pada hasil belajar PAK siswa yang diajar dengan model pembelajaran telaah yurisprudensi, dengan Fhitung = 6,66 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) hasil belajar PAK siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih baik dari pada hasil belajar PAK siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert, dengan Fhitung = 5,72 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 112,30 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran bermain peran dan telaah yurisprudensi dalam meningkatkan hasil belajar PAK siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 379.28 Sia p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; PAK; Model pembelajaran; Hakikat tipe kepribadian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC361 Christian education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 01:58 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1692 |