PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN HARIAN

Siahaan, Gomgom Uli Basa (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN HARIAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of BAB I Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of BAB V Simpulan Implikasi dan Saran.pdf]
Preview
Text
BAB V Simpulan Implikasi dan Saran.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar PAK siswa yang diajar dengan model pembelajaran bermain peran dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran telaah yurisprudensi; (2) perbedaan hasil belajar PAK siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert; (3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar PAK. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Kecamatan Harian mulai Agustus sampai Okober 2014. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Kecamatan Harian. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 57 orang yang terdiri dari 30 orang di SMP Negeri 2 Harian diajar dengan model pembelajaran bermain peran dan 27 SMP Negeri 1 Harian orang kelas VII diajar dengan model pembelajaran telaah yurisprudensi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah pilihan berganda yang terdiri dari 40 item, dan lembar observasi yang terdiri dari 14 item. Tes tipe kepribadian dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan tipe kepribadian introvert. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar PAK siswa yang diajar dengan model pembelajaran bermain peran lebih baik dari pada hasil belajar PAK siswa yang diajar dengan model pembelajaran telaah yurisprudensi, dengan Fhitung = 6,66 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) hasil belajar PAK siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih baik dari pada hasil belajar PAK siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert, dengan Fhitung = 5,72 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 112,30 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran bermain peran dan telaah yurisprudensi dalam meningkatkan hasil belajar PAK siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 379.28 Sia p
Keywords: Hakikat belajar; Hasil belajar; PAK; Model pembelajaran; Hakikat tipe kepribadian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC361 Christian education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Apr 2016 01:58
Last Modified: 15 Apr 2016 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item
View Item