Rahmawati, Sri (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2. Pengesahan, Persetujuan Penguji, Plagiat.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi investigasi kelompok lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran resitasi. (2) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi daripada siswa memiliki kemampuan berpikir logis rendah. (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar Matematika siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMAN 8 Medan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Populasi berjumlah 334 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 82 sampel yang terdiri dari 40 sampel kelas X-7 dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran investigasi kelompok sebagai kelas eksperimen dan 42 sampel kelas X-8 yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran resitasi sebagai kelas kontrol. Tes keterampilan berpikir logis dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai tingkat berpikir logis tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05. Syarat Anava adalah data harus berdistribusi normal dengan lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji Bartlett dan uji fisher.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Matematika yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran investigasi kelompok lebih baik dari pada hasil belajar Matematika yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran resitasi, dengan Fhitung = 61,73 > Ftabel = 3,96; (2) hasil belajar Matematika yang memiliki keterampilan berpikir logis tinggi lebih baik dari pada hasil belajar Matematika yang memiliki keterampilan berpikir logis rendah, dengan Fhitung = 437,36 > Ftabel = 3,96; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan keterampilan berpikir logis siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 79,74 > Ftabel = 3,96. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran investigasi kelompok lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir logis tinggi dan strategi pembelajaran Resitasi lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki keterampilan berpikir logis rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Rah p |
Keywords: | Hasil belajar; Matematika; Strategi pembelajaran; Kemampuan berfikir logis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 04:24 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1688 |