Sihite, Reinhard (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 1 SUMBUL T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7113141085 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 7113141085 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
4. NIM. 7113141085 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 7113141085 PREFACE.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
5. NIM. 7113141085 TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM. 7113141085 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
7. NIM. 7113141085 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
8. NIM. 7113141085 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
12. NIM. 7113141085 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
13. NIM. 7113141085 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Sumbul yang beralamat di jl. Sisingamangaraja Atas No. 136 Sumbul. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 7 kelas dengan jumlahsiswa 282 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Sampel ini diambil dengan cara Purposive sampling, sehingga terpilih kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 35 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas X-7 sebagai kelas control dengan jumlah siswa 35 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, Varians dan Standar Deviasi, Uji Normalitas, Uji homogenitas data dan pengujian Hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata dengan model pembelajaran Think Pair Share = 76,8 dengan standar deviasi = 12,03 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah = 61,2 dengan standar deviasi = 20,59. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh Thitung = 6.104, sedangkan Ttabel = 1,96 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu 6,104 > 1,96 berarti hipotesis alternatif atau Ha diterima dan H0 ditolak berarti ada perbedaan hasil belajar ekonomi dengan model pembelajaran Think Pair Share.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-6 yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share dan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SMA N 1 Sumbul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015 EKO 037 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share;Hasil Belajar;Metode Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 03:18 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1682 |