Desrini, Fauziah (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3113311019 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 3113311019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM 3113311019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM 3113311019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM 3113311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM 3113311019 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM 3113311019 GRAPH.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 3113311019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 3113311019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM 3113311019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM 3113311019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan dengan jumlah populasi sebanyak 311 siswa, yang terdiri dari sembilan (9) kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Dimana kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran TGT terdapat 34 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian diperoleh nilai yang tuntas pada saat tes awal sebelum diberikan tindakan sebesar 41,17% dengan nilai rata – rata siswa 64,70 dan dinyatakan masih belum tuntas. Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa pada materi kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara pada saat tes awal adalah siswa belum memahami dengan baik tentang pokok bahasan tersebut. Pada siklus I diperoleh rata – rata kelas untuk siswa yang tuntas 64,70% dan siswa yang belum tuntas 35,29%. Pada siklus II diperoleh nilai rata – rata kelas untuk siswa yang tidak tuntas menjadi 8,82% dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 91,17%, sehingga peneliti merasa hasil yang didapat sudah cukup baik dan tidak perlu dilakukan siklus selanjutnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran TGT ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan pada materi pelajaran kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015 PKn 097 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Team Games taurmenent; Perhitungan Point Tournament |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 07:58 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1665 |