Harahap, Triayu Wulandari (2015) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 113131071 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 113131071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM. 113131071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. NIM. 113131071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. NIM. 113131071 AUTHENTIC LETTER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 113131071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 113131071 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 113131071 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 113131071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 113131071 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM. 113131071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
15. NIM. 113131071 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
16. NIM. 113131071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Pemanfaatan sumber belajar IPS oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Medan tahun ajaran 2014/2015 (2) Pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS pada aspek kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Medan tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 21 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Medan pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 yang terbagi dalam 7 kelas dengan jumlah 266 siswa. sampel diambil sebesar 15% dari jumlah populasi ,sehingga sampel berjumlah 40 siswa.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi dokumenter dan komunikasi tidak langsung. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa deskriftif kuantitatif dengan metode statistika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan sumber belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Medan dikatakan cukup baik, dengan nilai rata-rata 1,86.(2) Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada aspek kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 . Hal ini dibuktikan dengan SR sebesar 38,7% dimana thitung = 4,900 untuk pemanfaatan sumber belajar dan derajat kebebasan ( dk = n-2) yaitu 38, taraf signifikan 95% dengan nilai ttabel = 2,024 maka diperoleh thitung (4,900) > ttabel (2,024).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015 Geo 004 |
Keywords: | IPS; Sumber Belajar; Peta Administra Kota Medan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 03:22 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1648 |