Namira, Yuli (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) BAGI SISWA KELAS VIII DI MTS AL WASHLIYAH PRAPAT JANJI T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4103311050_Cover.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 4103311050_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. 4103311050_Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. 4103311050_Abstrak.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5. 4103311050_Kata Penghantar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. 4103311050_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. 4103311050_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 4103311050_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. 4103311050_Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. 4103311050_Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
11. 4103311050_BAB I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
15. 4103311050_BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
16. 4103311050_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe STAD pada sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) bagi siswa kelas VIII di MTs Al Washliyah Prapat Janji T.A. 2014/2015.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs Al Washliyah Prapat Janji Tahun Ajaran 2014/2015 dan sampel penelitian adalah kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas. Kelas VIII-A sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas VIII-B sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yaitu untuk melihat hasil belajar siswa. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa diluar kelas sampel untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal.
Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 43 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 43,5. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1300) < Ltabel (0,1900), dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,1159) < Ltabel (0,1900). Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,1328 < 2,1242).
Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 85 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 78,5. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1159) < Ltabel (0,1900), dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,1554) < Ltabel (0,1900). Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,5033 < 2,1242). Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa yaitu -2,0396<2,0678<2,0396. Karena harga thitung tidak berada dalam interval tersebut. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe STAD pada sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) bagi siswa kelas VIII di MTs Al Washliyah Prapat Janji T.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nam p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif Tipe; Persamaan Linear |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 09:17 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1594 |