Sari, Desy Ratna (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMP KARYA BUNDA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4103311015_Cover.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. 4103311015_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. 4103311015_Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4. 4103311015_Abstrak.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. 4103311015_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. 4103311015_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. 4103311015_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. 4103311015_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 4103311015_Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
10. 4103311015_Daftar Diagram.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
11. 4103311015_BAB 1.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
15. 4103311015_BAB 5.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
16. 4103311015_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran di kelas VIII SMP Karya Bunda Medan melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada materi aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Karya Bunda Medan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 orang. Objek dari penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada materi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes pemahaman konsep. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes pemahaman konsep. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada materi aljabar sudah mengalami peningkatan dan kegiatan pembelajarannya efektif. Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi untuk guru pada siklus I sebesar 2,41 meningkat pada siklus II menjadi 3,03. Selanjutnya, pelaksanaan pembelajaran berdasarkan observasi untuk siswa pada siklus I sebesar 2,28 meningkat pada siklus II yaitu 3,06. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep yang diberikan kepada siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,1 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,5. Ketuntasan belajar yang dicapai yaitu dari 17 orang siswa (65,38%) pada siklus I meningkat menjadi 23 orang siswa (88,46%) pada siklus II dan tingkat ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus II yakni 88,46% sudah mencukupi syarat ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85% siswa yang mencapai tes kemampuan pemahaman konsep 75. Selain itu waktu pembelajaran saat penelitian berlangsung tidak melebihi waktu pembelajaran seperti biasa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kontekstual kemampuan siswa dalam memahami konsep aljabar mengalami peningkatan dan kegiatan pembelajaran efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sar u |
Keywords: | Pengertian Belajar; Pembelajaran Matematika; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1591 |