Sihombing, Marisah (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS KOLABORATIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training berbasis kolaboratif dan model pembelajaran Direct Instruction. 2) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan sikap ilmiah rendah. 3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training berbasis kolaboratif, model direct instruction dan sikap ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluter random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Training berbasis kolaboratif dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. dan angket sikap ilmiah sebanyak 25 pertanyaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika yang beraspek keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbasis kolaboratif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan Model pembelajaran Direct Instruction. Hasil belajar fisika yang beraspek keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan dengan sikap ilmiah rendah. Terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran yaitu model pembelajaran inquiry training berbasis kolaboratif, model pembelajaran direct instruction dan tingkat sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sih e |
Keywords: | Sikap ilmiah; Inquiry training; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 03:30 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1576 |