Siboro, Asiroha (2015) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
8126176002 Judul.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8126176002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8126176002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
8126176002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
8126176002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8126176002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8126176002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8126176002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8126176002 Bab I.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
8126176002 Bab V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8126176002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI). (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. (3) untuk mengetahui interaksi antara model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling dimana kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket sikap ilmiah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Direct Instruction (DI). (2) hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. (3) Terdapat interaksi antara model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa dimana model Problem Based Learning berbasis kolaboratif ini lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 53.027 Sib e |
Keywords: | Model pembelajaran; Kolaboratif, Sikap ilmiah, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 03:02 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1573 |