EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP

Siboro, Asiroha (2015) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8126176002 Judul.pdf]
Preview
Text
8126176002 Judul.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
8126176002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8126176002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8126176002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8126176002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8126176002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8126176002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8126176002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Bab I.pdf]
Preview
Text
8126176002 Bab I.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Bab V.pdf]
Preview
Text
8126176002 Bab V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8126176002 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8126176002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI). (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. (3) untuk mengetahui interaksi antara model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling dimana kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket sikap ilmiah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model Direct Instruction (DI). (2) hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. (3) Terdapat interaksi antara model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa dimana model Problem Based Learning berbasis kolaboratif ini lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 53.027 Sib e
Keywords: Model pembelajaran; Kolaboratif, Sikap ilmiah, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:02
Last Modified: 08 Apr 2016 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item
View Item