Hutabarat, Yasmin Grace Waharni (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAHAE JAE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2111311005 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2111311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
2111311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2111311005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2111311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2111311005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2111311005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2111311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2111311005 BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
2111311005 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2111311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae dengan jumlah 161 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang di ambil teknik random. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah test berbentuk essay. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-Test – Post-Test Design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 64,42 dan digolongkan pada kategori baik = 40%, kategori cukup = 51,42%, dan kategori kurang 8,57%. Nilai rata-rata post-test = 78,85 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 34,28%, kategori baik = 57,14%, dan kategori cukup 8,57%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 7,55. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 35-1=34. Dari df 34 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 7,55 > 2,03 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran concept sentence berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 127 |
Keywords: | Model Pembelajaran Concept Sentence, Kemampuan, Menulis Cerpen. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15654 |