Gulo, Viktiar Elserida (2015) HUBUNGAN PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIROMBU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111091 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2113111091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
2113111091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
2113111091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
2113111091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
2113111091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2113111091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2113111091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2113111091 BAB I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
2113111091 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
2113111091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman struktur dan ciri kebahasaan teks cerpen terhadap kemampuan menulis teks cerpen oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sirombu Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sirombu yang berjumlah 127 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini digolongkan jenis ex post facto. Istrumen yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai pemahaman struktur dan ciri kebahasaan teks cerpen adalah tes pilihan berganda (multiple choice), sedangkan untuk kemampuan menulis teks cerpen adalah penugasan menulis teks cerpen. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh nilai rata-rata pemahaman struktur teks cerpen siswa adalah 77,812 dan nilai rata-rata pemahaman ciri kebahasaan siswa adalah 75, serta nilai rata-rata kemampuan menulis teks cerpen siswa adalah 75,973. Pengujian hipotesis membuktikan adanya hubungan pemahaman struktur dan ciri kebahasaan teks cerpen terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel dengan dk (1:30) pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu: 31,823> 4,17. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi ganda antara variabel Pemahaman Struktur Teks Cerpen (X1) dan Pemahaman Ciri Kebahasaan Teks Cerpen (X2) terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen (Y) adalah berarti pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan persamaan garis regresi Ŷ = 7,848 + 0,343X1 + 0,552X2. Selanjutnya, darianalisis korelasi ganda ditemukan nilai R = 0,8288 dengan koefisien determinan (R2) sebesar 0,6869 yang berarti 68,69% variasi skor Y dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh variabel bebas X1 dan X2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pemahaman struktur dan ciri kebahasaan teks cerpen siswa, maka hasil belajar kemampuan menulis teks cerpen siswa juga semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 129 |
Keywords: | Pemahaman struktur dan ciri kebahasaan teks cerpen; kemampuan menulis teks cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15646 |