Guci, Siti Ferisa Zain (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA SISWA KELAS IX SMP SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311120 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
208311120 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
208311120 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
208311120 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
208311120 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
208311120 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
208311120 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
208311120 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
208311120 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
208311120 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan siswa dalam menemukan gagasan utama pada artikel di kelas IX SMP Swasta Al-Ulum Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX sebanyak 5 kelas dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 150 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian ditentukan secara acak kelas (random sampling).Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay dalam bentuk penugasan menemukan gagasan utama pada sebuah artikel. Teknik analisis data menggunakan uji beda atau uji-t pada taraf α = 0,05.Hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan siswa kelas eksperimen dalam menemukan gagasan utama pada artikel setelah diajarkan dengan model pembelajaran CRIC diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,50 dengan standar deviasi sebesar 6,37 dan hasil uji normalitas data diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,1150 < 0,1610 (normal). Sedangkan kemampuan siswa kelas kontrol dalam menemukan gagasan utama pada artikel setelah diajarkan dengan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,60 dengan standar deviasi sebesar 6,82 dan hasil uji normalitas diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,0785 < 0,1610 (normal). Hasil uji homogenitas data kedua kelas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,15 < 1,85 (homogen). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,99 > 1,67 sehingga Ho ditolak atau terima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan siswa dalam menemukan gagasan utama pada artikel atau dengan kata lain model pembelajaran CIRC lebih efektif digunakan dalam menemukan gagasan artikel dibandingkan dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 115 |
Keywords: | Kemampuan Menemukan Gagasan Utama, Model Pembelajaran CIRC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15631 |