PENGARUH METODE KWL (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KERAJAAN KAB. PAKPAK BHARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sinaga, Sariduma (2015) PENGARUH METODE KWL (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KERAJAAN KAB. PAKPAK BHARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2112111016 COVER.pdf]
Preview
Text
2112111016 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2112111016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2112111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[thumbnail of 2112111016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2112111016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 2112111016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2112111016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2112111016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2112111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 2112111016 TABLES.pdf]
Preview
Text
2112111016 TABLES.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 2112111016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2112111016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 2112111016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2112111016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of 2112111016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2112111016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 2112111016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2112111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode KWL (Know, Want To Know, Learned) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMA N 1 Kerajaan Kab. Pakpak Bharat tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Kerajaan Kab. Pakpak Bharat yang berjumlah 116 orang yang terbagi ke dalam empat kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan model one group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerpen sebelum menggunakan metode KWL (Know, Want To Know, Learned) adalah 63,83 termasuk dalam kategori cukup dengan standar deviasi sebesar 9,01 sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa dalam memahami unsur intrinsik cerpen sesudah menggunakan metode KWL (Know, Want To Know, Learned) adalah 77,5 termasuk dalam kategori baik dengan standar deviasi sebesar 7,93. Berdasarkan perhitungan uji normalitas pada pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas yang telah dilakukan didapat bahwa varians populasi adalah homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 6,15. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df=30 diperoleh taraf signifikan 5%=2,04, karena to yang diperoleh lebih besar daripada tabel yaitu 6,15 > 2,04, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan metode KWL (Know, Want To Know, Learned) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMA N 1 Kerajaan kab. Pakpak Bharat tahun pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 133
Keywords: Pengaruh Metode KWL (Know, Want To Know, Learned); Memahami Unsur Intrinsik Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15626

Actions (login required)

View Item
View Item