Lumbantoruan, Sanjuni (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (INKUIRY BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111078 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2113111078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (718kB) | Preview
2113111078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2113111078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
2113111078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
2113111078 TABLES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2113111078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2113111078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
2113111078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
2113111078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan sebanyak 448 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Desain yang dilakukan yaitu post-test only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji dengan rumus (M_x-M_y)/–SE—_(Mx-My) Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning) =78, standar deviasi=3,95, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 23,3%, kategori baik sebanyak 70% dan kategori cukup sebanyak 6,6%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model Konvensional=70,1, standar deviasi= 21,6 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 6,6%, kategori baik sebanyak 56,6%, kategori cukup sebanyak 36,6%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 2,415, kemudian dikonsultasikan dengan ttabelsebesar = 2,01 pada taraf signifikasn 5% dk=(N1+N2)-2=58. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,415 >2,01 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa model pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 069 |
Keywords: | Pengaruh; Inkuiry (Inkuiry Based Learning); Teks Prosedur Kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15625 |