Indriani, Rizki (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111070 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2113111070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (798kB) | Preview
2113111070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2113111070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113111070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
2113111070 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2113111070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2113111070 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2113111070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
2113111070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2113111070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai yang berjumlah 251 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling (acak kelas) yaitu kelas XI MIA-1 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran group investigation dan hasil kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen setelah menggunakan model pembelajaran group investigation. Adapun nilai rata-rata hasil pre-test sebelum menggunakan model pembelajaran group investigation = 64,37, standar deviasi=9,81 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 40,625%, kategori cukup sebanyak 43,75%, dan kategori kurang 15,625%. Dari hasil uji data diketahui keduanya berdistribusi normal. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test setelah menggunakan model pembelajaran group investigation=78,75, standar deviasi=10,39, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 34,375%, kategori baik sebanyak 53,125% dan kategori cukup sebanyak 12,5%. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 5,63, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasn 5% dengan dk= (N-1) = (32-1) = 31. Dari dk =31 diperoleh taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar=2,04. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5,63>2,04 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran group investigation berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 125 |
Keywords: | model pembelajaran group investigation; unsur intrinsik cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15619 |