Suryani, Putri (2015) PENGARUH METODE GENIUS LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311056 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2113311056 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (730kB) | Preview
2113311056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2113311056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2113311056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2113311056 TABLE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2113311056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2113311056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2113311056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
2113311056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2113311056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode genius learning terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswakelas X SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 329 siswa. Dari 329 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil proposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esay.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji.Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen sebelum menggunakan metode genius learning masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 69, sedangkan kemampuan siswa menulis cerpen sesudah menggunakan metode genius learning masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 78. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (5,70)> ttabel (2,75) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh metode genius learning terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswakelas X SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2014-2015.Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis cerpen sesudah menggunakan metode genius learning lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan metode genius learning, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan metode genius learning berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 183 |
Keywords: | metode genius learning; menulis cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 05:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15612 |