Purba, Novita Sari (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PADA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP PAHLAWAN NASIONAL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111057 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2113111057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
2113111057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
2113111057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2113111057 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111057 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2113111057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
2113111057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2113111057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC dalam meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama pada teks deskripsi Siswa Kelas VII SMP Pahlawan Nasional Medan Tahun Pembelajaran 2014/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pahlawan Nasional Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015, yang berjumlah 587 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-Test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Dalam desain ini, pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.Dari hasil pengolahan, diperoleh nilai rata-rata pretest 65, standar deviasi 5,6, dan termasuk dalam tiga kategori, yaitu yang termasuk kategori baik sebanyak 4 siswa atau 10%, kategori cukup sebanyak 24 siswa atau 60%, dan kategori kurang sebanyak 12 siswa atau 30%. Hasil nilai rata-rata post-test 78, standar deviasi 7,2, standar deviasi 7,2, dan termasuk ke dalam tiga kategori baik yaitu sebanyak 19 siswa atau 47,5%, kategori sangat baik sebanyak 12 siswa atau 30%, dan kategori cukup sebanyak 9 siswa atau 22,5%.Berdasarkan uji normalitas pre-test memperoleh harga Lhitung < Ltabel (0,1301 < 1410) dan post-test memperoleh harga Lhitung < Ltabel (0,1236 < 1410). Hal ini membuktikan bahwa kedua data berdistristribusi normal. Kemudian berdasarkan ujian homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan normalitas dilakukan, maka diketahuai to sebesar 8,67, selanjutnya to dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% - 2,02, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 8.67 > 2,02, maka hipotesi diterima.Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model CIRC terhadap kemampuan menemukan gagasan utama pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Pahlawan Nasional Medan Tahun 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 137 |
Keywords: | pengaruh, model pembelajaran CIRC, menemukan gagasan utama. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15597 |