Pratama, Muhammad Fachri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA YAPSI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111049 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2113111049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
2113111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2113111049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2113111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
2113111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2113111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2113111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113111049 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
2113111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2113111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMA YAPSI Medan dengan populasi 102 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas X IIS 1 sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Tes pada penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks. Kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata sebanyak 52,71 (termasuk dalam kategori kurang). Sedangkan kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata sebanyak 76,28 (termasuk dalam kategori baik) Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji diperoleh nilai t hitung =. 6,51. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5 % atau α = 0,05 diperoleh nilai t tabel = 1,67. Nilai t hitung > t tabel atau 6,51 > 1,67. Sehingga, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA YAPSI Medan tahun pembelajaran 2014/ 2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 114 |
Keywords: | Model pembelajaran; berbasis masalah; teks prosedur kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15590 |