Riswono, Mindo (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PROGRAM VISUAL BASIC 6.0 TERHADAP KEMAMPUAN EFEKTIF MEMBACA SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111064 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
208111064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
208111064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
208111064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
208111064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
208111064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
208111064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
208111064 BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
208111064 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
208111064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh memedia pembelajaran berbasis komputer terhadap kecepatan efektif membaca (KEM) siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan sebanyak 155 orang. Sampel diambil sebanyak 66 orang dari dua kelas, 33 orang untuk kelas eksperimen dan 33 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu untuk mengetahui pengaruh metode yang digunakan. Alat pengumpulan data adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan berganda. Hasil belajar dengan menggunakan media berbasis komputer berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 72,72. Jika dibandingkan dengan menggunakan media konvensional dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 50,3. Analisis pengelolaan data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji “t�. Dengan uji “t�, komparasional diperoleh t hitung= 4,13 dan t tabel pada taraf signifikan 5%=1,67 dan pada taraf signifikan 1%=2,39, dengan df= 66-2= 64, digunakan df yang paling dekat dengan 64. Hipotesis diterima jika t₀ > t_tabel (1,67<4,13>2,39). Dengan demikian, hipotesis diterima. Ini menyatakan bahwa teknik Tri-Fokus mempunyai pengaruh terhadap kecepatan efektif membaca pada siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 221 |
Keywords: | Kecepatan efektif membaca; Visual Basic 6.0 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15587 |