Batubara, Lailan Nahriyah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS XI SMA SWASTA ISTQLAL DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2112111005 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2112111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
2112111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2112111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2112111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2112111005 TABLE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2112111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2112111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2112111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
2112111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2112111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Istiqlal Delitua yang berjumlah 133 siswa. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari 4 kelas , pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA2.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan design one group pretest and posttest. Dalam penelitian ini, diberikan tes kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri. Dari distribusi data pretest memiliki nilai rata-rata 65,66 dengan standar deviasi 6,79 dan posttestmemiliki nilai rata-rata 76,66 dengan standar deviasi 7,22.Hasil perhitungan normalitas pretest memperoleh harga Lhitung< Ltabel (0.0967 < 0,1619) dan posttest memperoleh harga Lhitung< Ltabel (0.1212 < 0,1619). Hal ini membuktikan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas memperloleh harga Fhitung< Ftabel (1,21 < 1,84). Hal ini membuktikan sampel berasal dari populasi yang homogen.Hasil perhitungan hipotesis memperoleh harga Thitung > Ttabel (9,64 > 2,04), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 161 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15578 |