PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS XI SMA SWASTA ISTQLAL DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Batubara, Lailan Nahriyah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS XI SMA SWASTA ISTQLAL DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2112111005 COVER.pdf]
Preview
Text
2112111005 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2112111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2112111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2112111005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2112111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 TABLE.pdf]
Preview
Text
2112111005 TABLE.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
2112111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2112111005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2112111005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2112111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 2112111005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2112111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Istiqlal Delitua yang berjumlah 133 siswa. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari 4 kelas , pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA2.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dengan design one group pretest and posttest. Dalam penelitian ini, diberikan tes kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri. Dari distribusi data pretest memiliki nilai rata-rata 65,66 dengan standar deviasi 6,79 dan posttestmemiliki nilai rata-rata 76,66 dengan standar deviasi 7,22.Hasil perhitungan normalitas pretest memperoleh harga Lhitung< Ltabel (0.0967 < 0,1619) dan posttest memperoleh harga Lhitung< Ltabel (0.1212 < 0,1619). Hal ini membuktikan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas memperloleh harga Fhitung< Ftabel (1,21 < 1,84). Hal ini membuktikan sampel berasal dari populasi yang homogen.Hasil perhitungan hipotesis memperoleh harga Thitung > Ttabel (9,64 > 2,04), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 161
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15578

Actions (login required)

View Item
View Item