Ujung, Evi Kristina (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN NILAI CERPEN DOKTER KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111031 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2113111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
2113111031 KATA PENEGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2113111031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2113111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2113111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2113111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2113111031 BAB I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
2113111031 BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2113111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen "Dokter" karya Putu Wijaya pada siswa kelas X AK 3 MK Negeri 1 Sidikalang yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 359 orang. Dari jumalah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 39 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one-group pre-test posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay (tertulis). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning termasuk kategori baik dengan rata-rata 76,66, sedangkan kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen sebelum menerapkan model discovery learning termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 52, 56.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen setelah perlakuan lebih tinggi daripada sebelum perlakuan . Pengujian hipotesis thitung = 6,09 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,99. Karena thitung = 6,09> ttabel = 1,99 maka hipotesis nihil (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen “dokter� karya Putu Wijaya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 215 |
Keywords: | model pembelajaran discovery learning, menemukan nilai cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15559 |