Nurhafni, Eva (2015) HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LIMA PULUH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311024 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2113311024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (744kB) | Preview
2113311024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
2113311024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2113311024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2113311024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2113311024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2113311024 BAB I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
2113311024 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2113311024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lima Puluh pada tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 224 orang. Sampel yang diambil adalah 32 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks ulasan oleh siswa di jaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 40 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan . Hasil uji normalitas untuk data pemahaman isi ( 0.1201 < 0.1568 ), ciri kebahasaan (0.1240 < 0.1568 ) dan kemampuan menulis teks ulasan ( 0.1325 < 0.1568 ). Hasil uji kelinieran kemampuan menulis teks ulasan (Y) atas pemahaman isi (X1) Fhitung < Ftabel (1,96 < 2,51) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel (7,60 > 4.17) maka Y Ì‚ = 4275,80 + 0,26 X1 linear dan berarti dan kemampuan menulis teks ulasan (Y) atas pemahaman ciri kebahasaan (X2) Fhitung > Ftabel (0.84 < 2.74) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel (22,93 > 4.17) maka Y Ì‚= 7143,26 + 0,70 X2 linear dan berarti. Maka dapat disimpulkan bahwa koefesien arah regresi regresi berarti dan mempunyai hubungan yang linear dan berarti pada taraf signifikan 5%. Sedangkan hasil regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara hubungan pemahaman isi dengan kemampuan menulis teks ulasan dengan koefesien korelasi rx1y = 0.374 , hubungan pemahaman ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks ulasan adalah r_(x_2 y) = 0.475 dan hubungan pemahaman isi dan ciri kebahasaan adalah r_(x_1 x_2 )= 0.676. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 203 |
Keywords: | Pemahaman Isi; Ciri Kebahasaan; dan Kemampuan Menulis Teks Ulasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15556 |