Hidayat, Dzu Mirratin Firda (2015) PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2124411001 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2124411001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
2124411001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2124411001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2124411001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
2124411001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2124411001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2124411001 BAB I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
2124411001 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2124411001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Pemahaman Struktur dan Ciri Kebahasaan terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 berjumlah 225 orang yang terdiri dari 6 kelas, yaitu kelas VIII-1, VIII-2, VIII-3, VIII-4, VIII-5, VIII-6. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling yaitu kelas VIII-1 yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto.Data pemahaman struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan dijaring dengan menggunakan tes objektif yang valid sebanyak 40 soal dan 1 essay untuk menjaring kemampuan menulis teks ulasan. Sebelum dilakukan pengujian data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka data berdistribusi normal dan linier.Dari hasil perhitungan pemahaman struktur (X1) memperoleh nilai rata-rata 48,71 termasuk dalam kategori kurang, rata-rata pemahaman ciri kebahasaan (X2) 32,57 termasuk dalam kategori sangat kurang, dan nilai rata-rata kemampuan menulis tek sulasan (Y) sebesar 53,85 termasuk dalam kategori kurang. Kemudian dari perhitungan hasil uji korelasi variabel X1 dengan variabel Y diperoleh nilai 0,613 dan signifikan hitung (> 0,05) jadi(0,613>0,05). Hasil uji korelasi variabel X2 dengan variabel Y diperoleh nilai 0,072 dan signifikan hitung (> 0,05) jadi (0,072>0,05). Hasil uji korelasi variabel X1dan X2 terhadap variabel Y diperoleh nilai 0,643 dan signifikan hitung (> 0,05) jadi (0,643>0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman struktur dan ciri kebahasaan, baik itu masing-masing maupun dihubungkan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan TahunPembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 143 |
Keywords: | Struktur;Ciri Kebahasaan;Kemampuan Menulis Teks Ulasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 11:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15551 |