Simamora, Charly Rawita (2015) PENGARUH METODE PANCINGAN KATA KUNCI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111012 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2113111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
2113111012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
2113111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2113111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
2113111012 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2113111012 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2113111012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
2113111012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2113111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran metode pancingan kata kunci terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Mulia Pratama Medan sebanyak 128 orang dan sampel diambil secara acak sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi. Nilai rata-rata posttest adalah 84,37, sedangkan nilai pretest adalah 77,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis puisi setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Uji homogenitas berdasarkan tabel distribusi F pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang dan dk penyebut 32, diperoleh Ftabel yaitu 6,57 dan Fhitung 26,5. Dapat disimpulkan bahwa Fhitung < Ftabel yakni 6,57 < 26,5. Hal ini memenuhi syarat untuk dilakukan uji homogenitas. Pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel yakni 5,78 > 2,03. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran pancingan kata kunci berpengaruh positif dalam menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 131 |
Keywords: | metode pancingan kata kunci;kemampuan menulis;puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15537 |