Sirait, Basa Elisa Febriani (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111010 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2113111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
2113111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2113111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
2113111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2113111010 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2113111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
2113111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2113111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Diskusi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi yang berjumlah 300 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 yang berjumlah 30 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau acak kelas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks diskusi dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata pre-test adalah 61,83, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 78,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,77 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 30-1 = 29. Dari df = 29 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel , yakni 4,77 > 2,04. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 200 |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah; menulis teks diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 10:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15536 |