Purba, Arlili Etesa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA CINTA RAKYAT DUYNHOVEN SARIBUDOLOK KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111007 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2113111007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
2113111007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113111007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
2113111007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2113111007 BAB I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
2113111007 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2113111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Saribudolok Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Saribudolok yang berjumlah berjumlah 154 orang, sementara sampel penelitian yang diambil secara random sampling sebanyak 36 orang. Penelitian ini digolongkan jenis eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Dari hasil pengolahan data diperoleh kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi sebelum diterapkannya model pembelajaran inkuiri (pre-test) termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,3, standar deviasi 7,7 dengan kategori baik sebanyak 36,1%, cukup sebanyak 44,5%, kurang sebanyak 19,4%. Sedangkan kemampuan siswa menulis paragraf argumentasi sesudah diterapkannya model pembelajaran inkuiri (post-test) termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 79,7, standar deviasi 8,7, dengan kategori sangat baik 44,4%, baik sebanyak 41,7%, cukup sebanyak 2,8%, dan kurang 11,1%. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatkan to sebesar 5,35. Setelah to diketahui kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df= N-1 =36-1=35, dari df 35 diperoleh taraf signifikan 5%=2,03 karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5,35>2,03, hipotesis alternatif Ha diterima. Model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Saribudolok Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 135 |
Keywords: | Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi; Model Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 09:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15532 |