Sagala, Anggi Arieani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CIRI KEBAHASAAN TEKS ULASAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311005 COVER.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
2113311005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (811kB) | Preview
2113311005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
2113311005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
2113311005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
2113311005 TABLES.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
2113311005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2113311005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2113311005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
2113311005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri kebahasaan teks ulasan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jumlah sampel kelompok kelas eksperimen model pembelajaran discovery learning sebanyak 30 orang, kelas kontrol model pembelajaran konvensional sebanyak 32 orang. Metode penelitian bersifat eksperimen semu dan berbentuk observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan mengidentifikasi ciri kebahasaan teks ulasan pada kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning memperoleh nilai rata-rata 70,88 termasuk kategori baik; (2) kemampuan mengidentifikasi ciri kebahasaan teks ulasan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning memperoleh nilai rata-rata 85,60 termasuk kategori sangat baik; dan (3) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran model pembelajaran discovery terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri kebahasaan teks ulasan dengan nilai thitung > ttabel = 10,18 > 1,68. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi ciri kebahasaan teks ulasan siswa kelas VIII. Untuk itu disarankan pada Dinas Pendidikan untuk melakukan pelatihan kepada guru-guru dalam penerapan model pembelajaran discovery learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 206 |
Keywords: | Discovery Learning; Ciri Kebahasaan; Teks Ulasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15530 |