PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BERSINAR MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Samosir, Afrinda (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BERSINAR MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113311003 COVER.pdf]
Preview
Text
2113311003 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2113311003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2113311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (888kB) | Preview
[thumbnail of 2113311003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2113311003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 2113311003 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
2113311003 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 2113311003 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2113311003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 2113311003 TABLES.pdf]
Preview
Text
2113311003 TABLES.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 2113311003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2113311003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2113311003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2113311003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of 2113311003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2113311003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 2113311003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2113311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stratgei pembelajaran siklus (Learnng Cycle) terhadap kemampuan siswa menulis teks berita kelas VIII SMP Swasta Bersinar Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Bersinar Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 70 siswa. Sampel diambil secara random, yaitu kelas eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita sebelum menggunakan model pembelajaran siklus termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 62,55, sedangkan kemampuan siswa menulis teks berita sesudah menggunakan model pembelajaran siklus termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,60. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yakni 4,84 > 2,09 pada taraf signifikan α = 0,0.Dengan demikian (H0) ditolak dan (Ha) diterim, berarti ada pengaruh model pembelajaran siklus terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Bersinar Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks berita sesudah menggunakan model pembelajaran siklus lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran siklus, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model pembelajaran siklus berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 197
Keywords: Strategi Pembelajaran Siklus; Menulis Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 09:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15526

Actions (login required)

View Item
View Item