Pardede, Rosa Amelia Cristina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111073 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2113111073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
2113111073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
2113111073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
2113111073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2113111073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2113111073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111073 BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
2113111073 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2113111073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 225 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang yang diambil dengan teknik acak kelas (cluster random sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan two-group posttest design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji.Berdasarkan distribusi data maka diperoleh nilai rata-rata dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi adalah 81,71 dengan standar deviasi 11,52, dan standar error 1,97dari jumlah siswa 35 orang. Sedangkan hasil rata-rata dari penerapan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi, adalah 69, dengan standar deviasi 8,76, dan standar error 1,50 dari jumlah siswa 35 orang. Berdasarkan uji normalitas sampel untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel, yaitu 0,1251 < 0,1498, sementara untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1133 < 0,1498, dengan n= 35 dengan taraf nyata α = 0,05. Oleh karena itu, berdasarkan kriteria pengujian jika Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selanjutnya, berdasarkan uji homogenitas sampel dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh Ftabel = 1,76 dan Fhitung= 1,72, dengan demikian dapat dilihat bahwa Fhitung < Ftabel yakni 1,72 < 1,76 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua sampel adalah kelompok homogen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan. Hal tersebut diketahui setelah melakukan perhitungan dengan uji t, dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,0637 > 1,6613.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 036 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Model Pembelajaran Ekspositori; Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15521 |