Sihombing, Afriyanti (2015) PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111002 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2113111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
2113111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2113111002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2113111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2113111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2113111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2113111002 BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
2113111002 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2113111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Pemahaman Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi Kompleks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 berjumlah 162 orang yang terdiri dari lima kelas, yaitu kelas XI MS 1, XI MS 2, XI MS 3, XI IS 1 Dan XI IS 2. Sampel penelitian ini dimabil dengan cara random sampling yaitu kelas XI MS 1 yang berjumlah 32 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto. Data pemahaman struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi kompleks dijaring dengan menggunakan tes objektif yang valid sebanyak 20 soal dan 1 essay untuk menjaring kemampuan siswa menulis teks eksplanasi kompleks. Sebelum dilakukan pengujian data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka data berdistribusi normal dan linier. Dari hasil perhitungan variabel X1 memperoleh nilai rata-rata 73,28 termasuk dalam kategori baik, rata-rata X2 66,88 termasuk dalam kategori cukup dan nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi sebesar 75,31 berkategori baik. Kemudian dari perhitungan hasil uji korelasi variabel X1 dengan variabel Y diperoleh rhitung > rtabel (0,800 > 0,349), uji korelasi antara variabel X2 ke variabel Y diperoleh rhitung > rtabel (0,896 > 0,349) dan hubungan antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y diperoleh rhitung > rtabel (0,831 > 0,349). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman struktur dan ciri kebahasaan, baik itu sendiri-sendiri maupun bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 028 |
Keywords: | Pemahaman struktur dan ciri kebahasaan; menulis teks eksplanasi kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15517 |