Sianipar, Marintan Sari (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111051 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113111051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
2113111051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
2113111051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2113111051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2113111051 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2113111051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2113111051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
2113111051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2113111051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel diambil secara acak (simple random sampling), yakni kelas VII.8 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes essai yang telah diuji kenormalannya oleh uji normalitas. Sebelum perlakuan pembelajaran, siswa diberi pre-test untuk uji kesamaan kemampuan awal siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test memiliki data yang normal yang telah diuji dengan menggunakan uji Liliefors. Sebelum adanya perlakuan pada kelas sampel, diperoleh data pre-test dengan rata-rata adalah 57, simpangan baku adalah 17,15. Sedangkan ketika sudah ada perlakuan pada post-test diperoleh nilai rata-rata adalah 73, dengan simpangan baku adalah 14,17. Uji persyaratan menyatakan bahwa sampel menyebar normal dan homogen. Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh t_hitung > t_tabel yakni 3,88 > 2,045 pada taraf signifikan 0,05. Dengan kata lain, hasil pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok menulis teks cerita pendek untuk siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 030 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Teks Cerita Pendek; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15516 |