Ginting, Meta Melisa Br. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111054 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2113111054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
2113111054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2113111054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2113111054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
2113111054 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2113111054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2113111054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
2113111054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2113111054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Binjai yang berjumlah 468 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 36 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau acak kelas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks ulasan dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata pre-test adalah 60,88, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 79,77. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 8,95 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 36. Dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 8,95 > 2,03. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 022 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning); teks ulasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15512 |