PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Ginting, Meta Melisa Br. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113111054 COVER.pdf]
Preview
Text
2113111054 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2113111054 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2113111054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 2113111054 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2113111054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 2113111054 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2113111054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 2113111054 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2113111054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 2113111054 TABLES.pdf]
Preview
Text
2113111054 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2113111054  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2113111054 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 2113111054 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2113111054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[thumbnail of 2113111054 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2113111054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 2113111054 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2113111054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Binjai yang berjumlah 468 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 36 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau acak kelas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks ulasan dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata pre-test adalah 60,88, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 79,77. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 8,95 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 36. Dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 8,95 > 2,03. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 022
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning); teks ulasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item
View Item