Rahayu, Suri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311070 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2113311070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
2113311070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
2113311070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2113311070 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2113311070 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2113311070 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2113311070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
2113311070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2113311070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMA NEGERI 11 MEDAN Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 213 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 35 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata = 66,82, standar deviasi = 7,65, dan termasuk pada kategori baik dan cukup, yakni 25,71 % dari kategori baik dan 48,57% dari kategori cukup. Sedangkan hasil post-test dengan rata-rata = 81,28, standar deviasi = 8,18, dan termasuk pada kategori sangat baik, baik, dan cukup, yakni 51,42% dari kategori sangat baik, 31,42% dari kategori baik, dan 14,28% dari kategori cukup. Dari uji data pre-test dan post-test diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data pre-test diperoleh Lhitung < Ltabel atau 0,142 < 0,1499 dan data post-test diperoleh Lhitung < Ltabel atau 0,1389 < 0,1499. Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen yaitu Fhitung < Ftabel atau 1,72 < 1,76. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperolehlah t0 sebesar 7,57. Selanjutnya t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = 30, maka diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 0,24. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 7,57 > 2,03, maka H0 ditolak dan Ha diterima.Hal ini membuktikan bahwa pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 019 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Menulis Naskah Drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15510 |