Lingga, Siti Khadijah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMK MUSDA PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111083 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
2113111083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
2113111083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2113111083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2113111083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2113111083 TABLES.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2113111083 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2113111083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2113111083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2113111083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Musda Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 10 kelas. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X TKJ 2 yang berjumlah 38 siwa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan instrumennya adalah tes esai.Dari pengolahan data menunjukkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Musda Perbaungan sebelum menggunakan model pembelajaran penemuan (discovery learning) masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,13, standar deviasi=7,82, sedangkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Musda Perbaungan setelah menggunakan model pembelajaran penemuan (discovery learning) masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,82, standar deviasi=8,15. Uji normalitas hasil pre-test dan post-test di dapat kedua hasil berdistribusi normal dan uji homogenitas di dapat sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah tâ‚’ sebesar 7,4. Selanjutnya tâ‚’ diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df=N-1=38-1=37 dari df=38 diperoleh taraf signifikan 5%=1,694, karena tâ‚’ yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 7,4>1,694, maka hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran penemuan (discovery learning) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Musda Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Kata kunci: Model Pembelajara Penemuan (Discovery Learning), Teks Prosedur Kompleks
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 043 |
Keywords: | Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning); Teks Prosedur Kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15503 |