Hayati, Sylvia (2015) PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI OLEH SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2112111018 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2112111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
2112111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2112111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2112111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
2112111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
2112111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
2112111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
2112111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2112111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pemahaman struktur, ciri kebahasaan, dan pengaruh pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 566 orang. Sampel penelitian diambil 10 % dari jumlah populasi yaitu 57 orang dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif korelasional, yaitu cara atau teknik penelitian yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gelala serta hubungan yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan terbagi dua bagian yaitu tes pilihan bergandan dan penugasan. Tes pilihan berganda digunakan untuk menjaring data pemahaman struktur dan ciri kebahasaan teks negosiasi, sedangkan tes penugasan digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks negosiasi. Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman struktur teks negosiasi siswa kelas X MAN 1 Medan adalah baik sekali dengan nilai rata-rata 84,64, pemahaman ciri kebahasaan teks negosiasi siswa kelas X MAN 1 Medan adalah cukup dengan nilai rata-rata 68,01, dan kemampuan menulis teks negosiasi adalah baik dengan nilai rata-rata 74,73. Selanjutnya terdapat pengaruh yang signifikan antar pemahaman strruktur terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015, terdapat pengaruh yang signifikan antar pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015, dan terdapat pengaruh yang signifikan antar pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini dapat diperkuat dari hasil perhitungan statistik uji korelasi “r� product moment diperoleh nilai rxy = 0,679 (X1terhadap Y), rxy = 0,593 (X2 terhadap Y), dan rxy = 0,632 (X1 dan X2 terhadap Y).Kata Kunci : pemahaman struktur, ciri kebahasaan, teks negosiasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 041 |
Keywords: | Pemahaman struktur; ciri kebahasaan; teks negosiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15502 |