Sihombing, Tiur Mayasari (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111074 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2103111074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
2103111074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2103111074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2103111074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2103111074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2103111074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2103111074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2103111074 BAB I.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
2103111074 BAB V.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
2103111074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negei 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 380 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X PIA 1 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre test post test. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk essai.Dari pengolahan data, diperoleh hasil pre-test dengan nilai rata-rata = 66,7 dan standard deviasi = 8,05. Nilai tersebut tergolong dalam kategori baik, cukup dan kurang yakni 40% untuk kategori baik, 47,5% untuk kategori cukup dan 12,5% untuk kategori kurang. Hasil post-test dengan rata-rata = 81,15 dan standard deviasi = 8,22. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik, dan cukup, yakni 25% untuk kategori sangat baik, 65% untuk kategori baik dan 10% untuk kategori cukup. Dari uji normalitas data hasil kelas pre-test dan post-test, menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, dapat disimpulkan bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 7,89. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=40-1=39 dari df =40 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,02, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 7,89 > 2,02, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sih p |
Keywords: | Model berbasis proyek; Pembelajaran menulis; Teks prosedur kompleks. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15490 |